Sensasi Bogor Kota Tutut

Yowloh, kasian banget si ni pengemis....
Siapa yang nggak tau tutut? Tutut adalah sejenis keong sawah, berwarna hitam tanah. Namun beda dengan keong mas yang jadi musuh utama petani padi. Dan ini bukan jenis keong racun. Kamu bisa menemukannya di setiap sawah dimana aja.

Hari Sabtu kemaren, gue dan kawan-kawan maen ke Bogor. Ketika mampir ke Giant daerah Yasmin, tiba-tiba si Ojan ngerengek minta makan tutut. Ih, aneh. Emangnya ada yang jual tutut, pikir gue. Setelah Ojan nunjuk ke sebuah gerobak dagangan, gue baru percaya bahwa tutut emang dijual. Gue pikir tutut cuman bikinan orang rumahan aja yang emang di rumahnya gak punya atau gak kebeli lauk nasi. Ternyata tutut juga punya nilai jual, pemirsa. Betapa terkejutnya gue ketika motor mulai jalan, sepanjang bahu jalanan di kanan-kiri Jalan KHR Abdullah bin Nuh dipenuhi jejeran penjual tutut.

Lalu gue mengiyakan rengekan si Ojan dengan syarat kita harus sampe dulu di rumah temen yang bakal ditumpangin nginep di daerah Dramaga.
Besok harinya sebelom keliling kota Bogor, kita mampir dulu ke salah satu penjual tutut. Harga yang relatif murah Rp 3000 per porsi bikin gue mesen 2 mangkok tutut. Setiap gerobak gak pernah sepi didatangi pembeli. Bahkan, penggemar tutut bisa langsung memakannya di kursi atau alas yang disediakan pedagang. Nama-namanya pun unik-unik dan seajaib istilah memakannya. Ada yang namanya Tutut Jempol, Tutut Mak Cicoh, Tutut Sedot Teruuuzzz, Tutut Asoy Geboy. Kalo dalam bahasa Indonesia cara makan tutut itu dengan cara disedot, tapi kayanya gue lebih suka sebutan cara memakan tutut dalam bahasa Sunda. Kedengeran lebih eksotis. Di-kecrot, begitulah cara orang Sunda makan tutut. Tapi kalo gak terbiasa, kamu bisa mengeluarkan tutut dari cangkangnya dengan menggunakan tusuk gigi. Istilah ngecrot mungkin cuma dikenal oleh orang Sunda. Ngecrot adalah salah satu cara makan tutut dengan menyedot daging tutut oleh mulut supaya keluar dari cangkang. Tarikan udara yang keluar dari mulut pelan-pelan akan mengeluarkan si daging tutut tadi. Kedengeran jijik sih tapi nikmaaatt.

sampah cangkang tutut gue udah segitu banyaknya??
Gue baru dua kali makan tutut. Pertama, dulu banget sewaktu gue belom tau bahwa tutut yang sejenis keong itu bisa dimakan. Ceritanya, Ibunya Katut masakin sesuatu yang katanya menu khusus hari itu. Begitu gue liat, loh kok keong. Gimana cara makannya, coba? Lalu Katut bilang, di gigit aja. Pas gue gigit dan kunyah, kreos... kreos..., gue berasa makan beling. Aaaaaww... ternyata gue dikerjain.

Kali kedua gue makan tutut ya di daerah Yasmin, Bogor. Secara sekarang gue dah tau gimana cara makannya. Gue pesen tutut rasa original semangkok. Habis.... Pesen lagi tutut rasa saus tiram semangkok. Habis.... Temen-temen gue berdecak kagum ngeliat gue yang bisa cepet duluan abis makan dua mangkok tutut super pedas. Saking murah meriahnya harga tutut, maka hari itu gue yang bayarin semua yang mereka makan. Hmm, mau lagi nih makan tutut....

Moral of the story: Makan banyak tutut bisa menyebabkan bibir tambah monyong karena harus ngecrot atau nyedot tutut dalam cangkangnya. Belom lagi rasanya yang pedes bisa bikin bibir makin monyong dan jontorrr...

Share this:

2 comments :

  1. hahahaha. makan tutut bikin monyong, bang bang lw kira tutut itu kerupuk main gerus aja. w jadi inget masa lalu, deket rumah w ada kali, biasanya banyak tutut, nah kalo w ikut mancing ma mamang w, wuih pesta tutut bang.

    ReplyDelete
  2. wiiiihh, enaka yah ternyata tutut. lain kali pengen ke bogor lagi aaahhh.....

    ReplyDelete

 
Copyright © duniabulatbundar. Designed by OddThemes | Distributed By Blogger Templates20