Karena Nila Setitik Rusak Susu Sebelahnya




Lain padang lain belalang, lain gajah lain belalainya. Mungkin itu pepatah yang tepat untuk menggambarkan bahwa betapa berbedanya budaya, cara, dan kebiasaan setiap orang dalam setiap daerah. Kalo di kota besar yang punya kehidupan yang multi ras, majemuk, dan seringkali absurd, mungkin aja bakalan bersikap egois dan masa bodo sama keadaan sekitar. Termasuk memperhatikan tindak-tanduk personal. Sebenernya gue juga cenderung cuek dan gak mao ngurusin apa yang terjadi sama yang jadi urusan orang lain. Tapi lain halnya kalo yang butuh perhatian adalah kawan sendiri. Apalagi yang terbilang deket. Waduh, gue bisa-bisa belain banget buat bantuin dia.

Ceritanya gue bertemen sama orang selain dari pulo Jawa. Hubungan pertemanan kami begitu akrab dan gak neko-neko. Selayaknya temen, kami sering jalan bareng, nongkrong bareng, ngetawain dan ngerumpiin orang lain bareng-bareng, maen ke rumah temen demi makan gratis pun sering. Nah kalo urusan makan gratis, kami seringnya nebeng dan nongkrong di rumah Katut. Keluarga Katut tuh sumpah baeknya minta ampun. Gak pernah ada prasangka negatif sedikitpun. Makanya gue ngerekomendasiin rumah ini sebagai base camp kami kalo lagi sumpek di kosan masing-masing. Kalo udah dateng ke base camp ini, bawaannya lupa waktu. Padahal cuman makan-makan, ketawa-ketawa, dan cerita-cerita doang. Tapi suasananya asik banget. SERUU!!!

Anehnya ada aja yang sirik ama hubungan pertemanan kami. Padahal sebaik mungkin gue udah ngejaga relasi antar sesama temen. Dan gue pun gak pernah membatasi siapa-siapa aja yang mao gabung. Buktinya selalu aja ada temen dari jurusan lain yang selalu ngintilin kemanapun kami pergi. Katanya, dia jarang banget bisa jalan bareng ama temen sejurusannya. well... no problemo!

Tapi ternyata eh ternyata, kebaikan gak selalu berujung bahagia seperti di sinetron tipi.

Suatu ketika, si X yang gue bilang dari jurusan lain itu, pulang ke kampung halamannya, dia ngaduin ke orang tuanya temen gue. Yang katanya temen gue itu sering jalan-jalan lah, sering pulang malem ke kosan dianterin naek motor lah, sering ditraktir lah. Dan segudang lah-lah-lah lainnya.

Celakanya, baru-baru ini pamannya dateng ngunjungin temen gue itu. Sebagai seorang temen yang menurut gue bahwa gue ini sahabat yang baik, gue nemuin paman dari temen gue itu. Yaa.. berkenalan lah. Karena bagi gue, keluarga dia adalah bagian darinya yang juga harus dihormati. Makanya gue berusaha mengakrabkan diri dan sedikit cerita-cerita tentang hubungan persahabatan kami yang bisa dibilang akrab.

Dan lagi-lagi kebaikan gak selalu berujung bahagia seperti di sinetron tipi.

Pamannya menganggap bahwa sering main keluar pulang malem dianterin naek motor adalah sesuatu yang negatif. Mungkin dia nyangkainnya kami ini abis dugem ato apalah seperti yang mungkin saja sering dia liat di sinetron tipi. Ya ampyuuun... padahal kan kami kalo lagi ngumpul kerjaannya ya cuman makan-makan, ketawa-ketawa, dan cerita-cerita doang. Gak lebih. Lagian nilai akhir temen gue itu selau prima. malahan dia rangking satu di kelas.

Sore tadi si paman dari temen gue itu mo pulang kampung. Dan sebagai seorang temen yang menurut gue bahwa gue ini sahabat yang baik, gue rela nganterin dia ke pool Damri dan ngangkut koper yang segede kulkas dua pintu. Ketika paman dan temen gue itu kelaperan karena telat makanpun gue yang beliin KFC buat mereka dan gue dan Katut.

Selesai makan bungkusan KFC gue nanya ke temen gue itu.

"Eh, paman lo kok ndirian aja?"

"Habis mo ngobrol ama siapa."

"Ya gabung sini kek. Ngobrol bareng."

"Dia kan gak suka sama lo dan Katut. Karena lo bukan orang sekampungnya. Makanya dia diem aja."

JGEERRR!!

Petir serasa menyambar, waktu serasa berhenti. Gue benar-benar jadi patung untuk sesaat. Gak nyangka aja si pamannya bersikap segitunya ke kami. Padahal kan selama ini justru kitalah yaaang.....

Ah, biarlah si paman dia bersikap begitu. Toh dia belom tau gue. Tak kenal maka tak tahu. Dan sepertinya pengaduan dari temen kami yang lain jurusan itu ke orang tuanya temen gue itu bener-bener ampuh buat mengancam utuhnya persahabatan kami.

Karena nila setitik rusak susu sebelahnya deh. Eh, rusak sebelanga deng!

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © duniabulatbundar. Designed by OddThemes | Distributed By Blogger Templates20